Segera Nyalakan Apinya






Segera Nyalakan Apinya


*Pukul enam sore di rumah Andi

Youtube: Sebuah hal yang sia-sia jika menyesali masa lalu, sesalilah apa yang tak akan mampu kamu lakukan di masa depan. Belajarlah dengan sungguh-sungguh, kesukesan telah menunggumu

Andi : Aaaarghhh..!!!!! Uuuuhhhh.!! (sambil liat jam). Emang udah waktunya sih untuk belajar.. hmmm...

Devil😈 : Yaaa, tapi siapkan energi dulu sana

Andi : hm hm hm matematika ya, ok deh (sambil buka-buka buku). Limit, integral, differensial. Yap! KITA MULAI.....!!!
Isi energi :)

Angel🧚 : Ingat tujuanmu, ndi

Andi : Telur dan sayur dah siap, Siiip bisa cepet-cepet blajar nih. Eeeee... tambah saus kecap boleh lah. Mana nih mana nih.. mmmm... mmm... mmm...
Yaaap! Ketemu.

* 6:30

Andi : Nyam nyam nyam## iiiihhhh... Kok asin sih, sudah ah jadi bad mood nih 😔

Angel : Hi Andi!🙁

Andi : Langsung blajar aja deh,

Angel : 😃

Devil (Hp) : Tung ting! Ting tong!

Andi : (lirik ke hp)

Devi  🧚ang *;$;" devil angel####😈🧚😈🧚ðŸĪœðŸĪ›

Andi : Liat dulu aja dehq!ðŸĪ”

Angel : Hi andiii 🙁

* 7:00

Andi : Sudah sudah sudahhhhhhh..!!!!! .ðŸ˜Ą (letakkan Hp)

Apa ini? Matematika? Ya matematika!! Kalkulus? Oooke! (buka materi) Sip! limit tak hingga, limit aljabar, limit  tri  go   no  meee  tri## emang ada ya? (Haaahhhhhh!! ðŸ˜Ą Bisa! Bisa! Bisa!) EZPZ ini mah..

Mama : Andii...  !

Andi : Iya ma🙄

Mama : Knapa gk jadi makan?

Andi : Asin ma telurnya, gk suka

Mama : oh, pantes. Keluar yuk ndi, cari soto

Devi  🧚ang *;$;" devil angel####😈🧚😈🧚ðŸĪœðŸĪ›

Andi : Aku bungkusin aja deh ma

Angel🧚: mantap👍

Devil😈 : emang bisa ya soto dibungkus😒

Andi : Eh.. ma ma ma! Aku ikut aja deh..

Mama : Ayookk...!!

Angel🧚:

       ###########################



Actually, you have known many things about learning. You just have to take your book and start learning!

Apa sih yang kamu ingin tau lagi tentang belajar? Apa kamu blum memiliki motivasi di dalam belajar? Dorongan dari mana lagi agar kamu mau belajar? Bukankah kamu sudah memasang targetmu dalam belajar? Tujuanmu dalam belajar kan juga udah jelas?

Apa-apa yang sudah kamu ketahui tentang belajar itu sudah cukup. Tentang motivasi belajar, meningkatkan rasa keingintahuan, konsistensi belajar, dan sebagainya itu semuanya sudah khatam. Pelajaran ini seolah-olah tidak akan pernah selesai walaupun sudah sangat sering dibahas. Seakan-akan inilah satu-satunya pangkal permasalahan di dalam belajar kita. Semuanya sudah siap, kawan! Tinggal berangkat! Sekolah, banyak. Tempatnya, nyaman. Teman belajar, ada. Buku, lengkap, bahkan sekarang ada ebook yg berserak-serak di internet. Guru ada. Pengajar ada. Tentor les juga ada. Sampai bimbel online pun disediakan. Apa lagi? Alat tulis ada. Papan tulis ada. Proyektor banyak. Bahkan laboratorium praktik pun sekarang dah ada. Lalu apa dong yang belum? Mmmmmmmmmm............... aku belum punya motivasi nih.

Angel : ...😔

Apaaa.. kau bilang???!!!! Mo ti vaaaa si ??

Huhh!! Gini, ya. Kamu itu jelas udah ngerti tujuanmu belajar. Gurumu sudah menjelaskan ini sampai berbusa mulutnya. Motivasi itu akan tumbuh sendiri juga ketika kamu udah mulai belajar. Ketika udah mulai belajar, lho ya. Semakin tinggi intensitasmu dalam belajar, kamu akan semakin bersemangat lagi untuk belajar. Tapi klo kamu hanya pengin ngumpulin niat dulu buat belajar, lalu kamu nunggu klo bener-bener siap, .......motivasimu akan habis di jalan dan kamu nggk jadi belajar. Hiraukan kata-kata yang terlihat manis namun kiranya itu menipu. Kamu tinggal mulai kok. Ya, tinggal mulai aja belajar.




Segera nyalakan saja apinya, nanti sampahnya juga akan terbakar kok.
Mulai aja belajarnya, semangatmu juga akan tumbuh seiring tumbuhnya rasa keingintahuanmu pada stage-stage pelajaran selanjutnya




ðŸĪ”Eh, tapi tapi, emang sih kadang-kadang ada aja pertanyaanku yg menggumpal di kepalaku ketika aku akan mulai belajar. Itu apa ya? Klo aku rasa sih (berbisik) ... itu mo    ti     va    si ku kurang.

Devil : 🙂

Haaaadddddehhh!!...... Motivasi lagi?
Coba dengerin aku baik baik. Anggap saja aku ini siswa paling teladan di sekolah. Awal-awal emang aku cari motivasiku dalam belajar. Aku cari tau tuh, sebenarnya apa sih tujuan aku belajar, aku juga cari tau teknik teknik di dalam belajar. Naaaah.. satu, dua tiga hari, masih panas tuh motivasiku. Atau bahkan mungkin sampai dua, tiga minggu. Tapi setelah itu, apakah motivasiku belajar masih tinggi? Apakah semangatku belajar masih menggebu-gebu? Haruskah ada orang lain yg sampai-sampai berusaha menghentikan semangatku dalam belajar? Ha? Ha?! Kan tidak.. Apakah aku akan coba cari-cari mood ku lagi agar bisa belajar? Apakah aku akan berusaha "makan-makan" motivasiku agar semangat belajarku tumbuh lagi? Emangnya, motivasiku masih ada ya hingga titik ini? Hmmmm....... Jadi kita nggk bisa ya ngandelin motivasi lagi atau cari cari motivasi lagi? Tapi bukannya kita harus trus cari motivasi itu lagi?? BIG NO...!!!!!!!
Nggk ada lagi tuh semangatku dua minggu yang lalu. Artinya, kendali konsistensi utk belajar sekarang udah kamu yg benar benar pegang. Lalu, sekarang gimana dong caranya belajar? Ya........ tinggal belajar aja kok susah. Ambil pulpenmu lalu kerjakan soalnya. Eh, t a p i, m o t i v a ss    i  k u g m n 😎 ???    Damn!!! Dor!!! Dor!! ðŸĪŠ

Angel🧚: Wahai kawanku yang baik hati,. Belajarlah, belajar, agar kamu pintar. Ayo, kawanku.

Devil : 😒👎

Udah gk mempan lagi... Hoi! Lalu gmn dong? Brati apa yg kubutuhkan sekarang?????.... Oke oke ini terakhir, dengerin aku. Aku serius mau ngomong. Ambil catatanmu dulu.
Ayo ambil






















Ayo ambil dulu



















Ayo viewers, aku serius ambil dulu buku catatannu














Devil😈: Nnti aja gpp paling cuma apa















Gak.....!!! Sekarang!!! Ayo ambil dulu catatnmu!













Ok, jadi yg sekarang kamu butuhkan adalah....

(Kamu belum ambil catatan kan🙃, ambil dulu sana gii)






















Ok jadi kuncinya adalah..
D.       I.      S.       I.       P.       L.       I.        N

Ya, disiplin. Kamu harus disiplin. Kan aku ( yg siswa paling teladan tadi) kan dah bilang. Jangan ngomong lagi tentang motivasi. Gini ya, aku kasih contoh. Klo  aku pulang terlambat karna ikut ekstrakulikuler misalnya, atau karna ada acara di skolah trus aku jadi pulang telat. Aku kan lelah, capek, lesu.  Emangnya masih ada ya benih motivasi itu? Enggaaak. Jadi mau gimanapun kondisinya aku paksain tuh diriku untuk belajar. Aku paksakan ambil pulpen di tas, trus kerjain soal latihan yang ada. Aku harus bisa komitmen dengan tujuan awalku. Emang sih aku tidak terlalu bergairah utk belajar, tapi kan aku belajar. Iya, aku belajar sungguhan bukan cuma ngumpulin niat😏.

Memang sih, masih sangat baaaanyak pertanyanmu tentang belajar. Mau belajar, eh tiba-tiba kepikiran, kok gini ya? Kok gitu ya? Kok nggk gini..?  Sebenarnya itu hanya was was dari .... se


Devil😈: Ssssstttt..ðŸĪŦ

agar kamu tidak belajar. Jadi, jangan banyak tanya, tinggal belajar, uudah. Gk usah terlalu banyak tanya

Eh, tipe belajarku itu audio atau visual atau gmn?
Emangnya klo kamu tau kamu mau belajar?

Eh, aku ini belajarnya latihan soal dulu atau materi dulu ya?

Eh, aku ini sambil dengerin musik atau fokus aja ke buku?

Eh, belajar itu harusnya kelompok atau sendirian sih?

Eh, belajar pake motivasi ekstrinsik itu boleh gk sih?

Eh, belajar itu enaknya pagi hari atau sore hari?

Eh, enaknya belajar itu sambil ngemil kan ya?

Emangnya klo kamu tau semua itu, kamu akan belajar?????

Devil😈: Belajar!!!ðŸ˜Ą

Angel🧚: Ha🙄




Udah gitu, sekarang kan kamu udah pegang pulpen ama catatan. Naah......... mulai deh belajar.


















Devil😈: Eh, sekarang kan masih lebaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apresiasi Batik Sekar Jagad

Apresiasi Seni Rupa Karya Pawel Kuczynski