Apresiasi Batik Sekar Jagad




APRESIASI BATIK SEKAR JAGAD







Judul                          : Batik Sekar Jagad
Jenis batik                : Batik Tulis
Bentuk objek          : Bunga-bunga dengan corak geometris dengan berbagai  variasi warna
Fungsi                       : digunakan di pakaian khas jawa
Tema                         : keanekaragaman budaya di seluruh dunia
Penjelasasan Makna: Kata Sekar Jagad diambil dari perpaduan dua bahasa yang dimana “Kaart” dalam Bahasa Belanda berarti “peta” dan “Jagad” dalam Bahasa Jawa berarti “dunia”, sehingga motif ini juga melambangkan keragaman baik yang terdapat di Indonesia maupun di seluruh dunia. Batik ini menggambarkan bentuk kebaikan dan biasa dipakai oleh orang ahli, orang pintar, dukun istana dan keraton. Motif ini mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona. Motif sekar jagad sebenarnya berasal dari daerah Jogjakarta dan Solo. Dimana latar belakang kain berwarna putih melambangkan hamparan peta dunia. Kata kar dalam bahasa Belanda memiliki arti peta, sedangkan jagad berasal dari bahasa Jawa yang artinya dunia. Inti dari makna yang disampaikan corak sekar jagad adalah keanekaragaman, baik yang terdapat di Indonesia maupun seluruh dunia. Kemudian, batik ini juga menampilkan makna kecantikan serta keindahan sehingga memesona siapapun yang melihatnya.
Keanekaragaman tersebut berwujudkan motif bercorak geometris yang berulang dengan cara ceplok atau dipasangkan secara bersisian. Hal ini mengandung maksud akan arti keindahan serta keluhuran kehidupan di alam dunia. Penampakan batik sekar jagad umumnya bernuansa bebungaan dengan variasi warna pada masing-masing bagiannya.


Opini&Apresiasi: Menurut saya, batik ini memiliki motif dan bentuk yang sederhana, namun walaupun sederhana motif garis, dan pola utama pada batik ini memiliki ciri khas yang unik dan melekat kepada sebagian masyarakat Indonesia khususnya di pulau jawa di Yogyakarta dan Solo, dimana banyak masyarakatnya yang menggunakan motif batik ini untuk isi dari motif pakaian-pakaian mereka. Bahkan hingga sekarang, batik motif sekar jagad masih digunakan dalam pakaian-pakaian modern. Batik ini juga salah satu batik yang paling terkenal di Indonesia.
Warna gelap pekat yang biasanya digunakan untuk batik ini juga memberikan kesan yang bagus bagi para konsumen dan menjadi daya Tarik tersendiri. Bunga-bunga geometri yang ditampilkan sederhana dalam batik ini memberikan kesan simple dan elegan pada batik ini. Ditambah lagi dengan motif pembantu dan aksen-aksen pada batik tersebut menambah kesan yang menarik pada batik tersebut
Makna pada batik ini juga sangat cocok bagi masyarakat Indonesia yang memiliki berbagai kenakaragaman budaya, agama, suku, ras, serta keanekaragaman hayati yang seolah-olah melekat kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Saran dan masukan:
·        Batik ini bisa terus dikembangkan dan dilestarikan dan menjadi salah satu batik yang tetap dipakai di zaman kini
·        Harus ada kreasi dalam motif batik ini agar tetap memiliki peminat yang banyak walaupun tanpa merubah motif utama

   NOTE: Penulis minta maaf bila dalam tulisan ini ada kesalahan. Penulis tidak bertanggung jawab bila ada kesalahan dalam tulisan. Saran dan kritik jelas dibutuhkan. Keep reading!
   Pustaka gambar: http://batik.or.id/makna-dan-filosofi-batik-sekar-jagad/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apresiasi Seni Rupa Karya Pawel Kuczynski

Segera Nyalakan Apinya